Baterai ponsel kosong Jika baterai ponsel Anda cepat habis, periksa hal-hal berikut

Baterai ponsel kosong  Jika baterai ponsel Anda cepat habis, periksa hal-hal berikut

minglung.com Tiba-tiba menghadapi baterai ponsel yang kosong dalam keadaan tidak dapat disambungkan ke listrik, merupakan pengalaman tidak nyaman yang sering kita alami. Dalam situasi ini, power bank bisa menjadi solusi yang sangat baik untuk mengatasi masalah tersebut. Namun, yang lebih penting adalah mengidentifikasi mengapa hal ini terjadi.


Perpanjang masa pakai baterai iPhone dengan menonaktifkan fitur tertentu di iOS

Ada banyak alasan mengapa baterai ponsel Anda cepat habis, termasuk kecerahan layar, aplikasi yang berjalan di latar belakang, konektivitas nirkabel, aplikasi pelacakan lokasi, atau kondisi baterai.


Trik mengatasi baterai hp cepat terkuras

Berikut ini kami mencoba mencari cara untuk meningkatkan kapasitas pengisian baterai ponsel dan mengatasi pengosongan baterai yang tiba-tiba. Jika Anda juga menghadapi masalah ini, kami menyarankan Anda untuk terus membaca teks ini sehingga Anda dapat menyelesaikan masalah Anda.


Periksa status koneksi nirkabel perangkat

Koneksi nirkabel perangkat


Meskipun sepertinya ide bagus untuk selalu menyambungkan ponsel ke Wi-Fi, Bluetooth, atau jaringan seluler, jika Anda mengalami masalah baterai, hal tersebut dapat menguras baterai dengan cepat.

Ini terjadi ketika ponsel Anda terhubung ke beberapa jaringan nirkabel secara bersamaan. Dalam situasi ini, baterai ponsel berada di bawah banyak tekanan dan mungkin terkuras lebih cepat dari yang Anda perkirakan.

Oleh karena itu, disarankan ketika Anda berada di rumah, putuskan sambungan telepon seluler Anda dan sambungkan ke Wi-Fi saja. Begitu pula saat Anda keluar rumah, putuskan koneksi Wi-Fi dan sambungkan ke Internet hanya melalui jaringan telekomunikasi.

Selain itu, jika Anda tidak bermaksud menghubungkan ponsel Anda ke perangkat lain melalui Bluetooth, sebaiknya matikan Bluetooth ponsel agar baterainya tidak cepat habis.


Aktifkan Mode Gelap

Baterai ponsel kosong


Banyak ponsel modern menggunakan layar lama, yang selain memberikan gambar jernih dengan warna indah, juga menawarkan fitur unik kepada pengguna.

Salah satu keunggulan terpenting layar OLED dibandingkan panel IPS adalah tidak perlu dinyalakan saat menampilkan warna hitam! Oleh karena itu, warna hitam pada panel lama terlihat sangat gelap dan dalam. Namun bagaimana fitur ini dapat mengurangi konsumsi baterai di ponsel Anda?

Saat layar berwarna hitam, piksel tidak menyala dan tidak ada daya yang terpakai. Inilah alasan mengapa memilih mode gelap pada ponsel yang dilengkapi panel OLED umumnya menghasilkan pengurangan konsumsi daya yang signifikan dibandingkan dengan panel IPS.

Oleh karena itu, jika Anda memiliki ponsel dengan layar lama dan Anda melihat baterainya cepat habis, lebih baik coba selalu aktifkan mode gelap melalui bagian pengaturan.


Tutup aplikasi latar belakang yang tidak diperlukan

Aplikasi latar belakang

Wajar saja jika beberapa aplikasi harus selalu aktif di background Android agar pengoperasian sistem operasi selalu optimal. Di antara aplikasi-aplikasi tersebut, kami dapat menyebutkan VPN, jejaring sosial, kalender, aplikasi pemantauan kesehatan, dan antivirus.

Namun, beberapa aplikasi ini tidak perlu aktif di latar belakang dan Anda dapat mengurangi konsumsi baterai ponsel Anda secara signifikan dengan menutupnya.

Beberapa aplikasi tidak bekerja secara maksimal. Oleh karena itu, jika aktif di latar belakang, hal ini dapat menyebabkan peningkatan konsumsi daya yang berlebihan.

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk menutup aplikasi latar belakang yang tidak diperlukan adalah masuk ke aplikasi Pengaturan. Pada langkah selanjutnya, Anda perlu masuk ke opsi Baterai dan Perawatan Perangkat dan pilih opsi untuk mengoptimalkan konsumsi baterai.

Selain itu, jika kondisi pengisian baterai ponsel Anda telah mencapai ambang krisis, Anda perlu mempraktikkan proses menutup aplikasi yang terbuka setelah bekerja dengannya! Ini akan mengurangi parahnya pengurasan baterai ponsel Android.


Kurangi kecerahan layar

Baterai ponsel kosong

Kecerahan layar adalah alasan paling penting dan paling jelas yang menyebabkan baterai ponsel terkuras secara tiba-tiba. Tentu saja menonton konten atau membaca teks di layar dengan kecerahan tinggi tentu menjadi pengalaman yang menyenangkan. Namun perlu diperhatikan bahwa meningkatkan kecerahan layar akan memberikan banyak tekanan pada baterai ponsel Anda.

Jika terkurasnya baterai Anda karena penurunan kecerahan layar, solusi untuk masalahnya tidak terlalu rumit! Untuk meningkatkan pengisian daya baterai, Anda harus masuk ke bagian Pengaturan ponsel Anda dan menurunkan penggeser kecerahan layar!

Tentu saja, menurunkan layar terlalu banyak memiliki masalah tersendiri yang dapat mempengaruhi pengalaman menggunakan ponsel. Oleh karena itu, Anda harus selalu berusaha mengatur kecerahan layar pada tingkat yang sesuai.

Menggunakan jumlah kecerahan minimum di ponsel Android hanya dimungkinkan dalam kondisi cahaya sekitar sangat rendah. Namun, jika Anda mencoba mengurangi kecerahan layar di siang hari dan di bawah sinar matahari langsung, Anda mungkin tidak akan dapat membaca teks dan menonton konten yang Anda inginkan.

Kondisi terbaik untuk memilih kecerahan layar yang tepat adalah dengan menggunakan fungsi penyesuaian kecerahan otomatis, yang dengan mengaktifkannya, ponsel menyesuaikan kecerahan layar melalui sensor khusus untuk mengukur cahaya sekitar!


Jangan abaikan aplikasi pencari lokasi

Aplikasi pencari lokasi

Banyak aplikasi yang terinstal di ponsel Anda yang dapat terus memantau lokasi Anda. Di antara aplikasi-aplikasi tersebut, kami dapat menyebutkan Google Maps, Snap, Tapsi, Facebook atau Instagram.

Anda mungkin berpikir bahwa memposisikan aplikasi ini hanya terjadi jika aplikasi tersebut berjalan secara aktif. Namun kenyataannya tidak demikian, dan beberapa aplikasi terus memantau lokasi Anda, sehingga meningkatkan penggunaan baterai secara signifikan.


Namun apa solusi untuk mengatasi peningkatan konsumsi energi melalui aplikasi locator?


Meskipun ada banyak solusi sementara dan tidak terlalu kuat untuk mengatasi hal ini, metode terbaik dan teraman adalah mematikan pengaturan lokasi saat Anda tidak menggunakan aplikasi. Hal ini akan membuat aplikasi pencari lokasi mengonsumsi lebih sedikit sumber daya saat tidak aktif dan mengurangi dampaknya terhadap masa pakai baterai!


Jika baterai ponsel sudah terlalu tua, gantilah

Baterai ponsel kosong

Sering kali, penyebab baterai ponsel Anda cepat habis bukan karena perangkat lunak; Tapi lebih dari segalanya, itu tergantung pada baterai itu sendiri. Dalam situasi ini, baterai ponsel biasanya kehilangan kemampuannya untuk mempertahankan dayanya karena penggunaan yang berlebihan, dan akibatnya lebih cepat habis.


Oleh karena itu, Anda disarankan untuk mengganti baterai ponsel Anda setiap dua atau tiga tahun.

Beberapa ponsel menampilkan baterai lama karena penggunaan berat dan kebutuhan untuk menggantinya dengan pemberitahuan kepada pengguna. Namun, pada sebagian besar ponsel, tanda terpenting bahwa baterai perlu diganti adalah baterai cepat habis tanpa ada aktivitas tambahan.

Setelah mengganti baterai ponsel Anda, yang telah digunakan selama sekitar dua atau tiga tahun, Anda akan melihat perubahan nyata dalam pengisian baterai harian.