PlayStation 5 Pro; Tanggal rilis, harga, spesifikasi, dan semua yang kami ketahui tentang PS5 Pro

Konsol PlayStation 5 Pro

Banyak rumor yang kita dengar mengenai konsol game PlayStation 5 Pro. Berikut ini kita akan mengulas tanggal rilis, harga, spesifikasi teknis bahkan desainnya.

Rumor mengenai PlayStation 5 Pro menyebar dengan cepat. PS5 reguler merayakan hari jadinya yang kedua pada November tahun lalu dan dijuluki sebagai salah satu konsol game Sony yang paling bermasalah. Sedangkan PlayStation 4 tidak mengalami masalah apa pun setelah 10 tahun dirilis. Jangan lupa bahwa konsol game ini dirilis pada puncak krisis kekurangan chip global, dan itulah mengapa produksinya membawa banyak masalah bagi Sony.


Selama berbulan-bulan, konsol PlayStation 5 milik Sony terjual habis dalam hitungan detik. Dua tahun telah berlalu sejak itu dan sekarang segalanya menjadi lebih baik, tetapi mengingat awal generasi baru yang bermasalah, kemungkinan Sony ingin memperkenalkan versi yang lebih baru sangat tinggi. Kini ada laporan mengenai konsol game PS5 Pro yang mungkin akan membuat marah para pemilik versi asli konsol ini!


Apakah PlayStation 5 Pro benar-benar akan hadir?

Menurut banyak orang, perilisan konsol semacam itu tidak lebih dari sekedar rumor. Banyak gamer yang belum bisa mendapatkan konsol PS5 karena masalah pasokan . Beberapa dari mereka berhasil membeli perangkat PlayStation 5 dengan susah payah dan setelah beberapa bulan mencobanya, dan kini setelah beredar rumor tentang generasi barunya, mereka sangat marah. Apakah ini benar-benar akan terjadi?

PS5 memang belum tua, tapi sudah dua tahun dirilis. Sony telah menunjukkan di masa lalu bahwa mereka tertarik untuk merilis versi upgrade dari konsol game-nya. Sebuah tren yang dimulai dengan peluncuran PS4 Pro. PlayStation 4 Pro dengan kapasitas lebih besar dan daya lebih tinggi memasuki pasar tiga tahun setelah rilis versi reguler PlayStation 4.


Konsol PlayStation 5 Pro

PlayStation 4 hadir pada bulan November 2013, dan tepat tiga tahun kemudian, pada bulan November 2016, versi Pro dirilis bersamaan dengan versi Slim. PS5 juga dirilis pada akhir tahun 2020, yang berarti November 2023 akan merayakan tahun ketiganya di pasaran. Jika Sony ingin melanjutkan proses yang sama seperti yang dimulai pada PS4 di generasi barunya ini, kita bisa melihat perilisan konsol PlayStation 5 Pro pada bulan November ini, yaitu sekitar akhir bulan November.


Konsol PS5 Pro

PS4 tidak dapat memainkan game dengan resolusi 4K dan itulah mengapa Sony merilis versi Pro-nya dengan dukungan resolusi tersebut. Namun tidak demikian halnya dengan PS5; Karena konsol ini secara alami bisa memainkan game 4K. Namun jika Sony akan memperkenalkan versi ini ke pasar, kita akan melihat peningkatan yang signifikan dalam hal kekuatan perangkat keras, manajemen Ray-Tracing, dan resolusi tinggi pada saat yang bersamaan.


Berapa harga PS5 Pro?

Jika Anda menunggu konsol PlayStation 5 Pro, ada baiknya Anda mengetahui bahwa harga konsol ini mungkin akan mengecewakan Anda. Sony ingin merilis konsol generasi menengahnya dengan harga yang sangat mahal, dan ada alasan untuk kenaikan harga ini, yang akan terus kita bahas.

Membeli konsol game sudah menjadi impian bagi banyak dari kita orang Iran, namun harga Sony PlayStation 5 Pro bisa mengubah mimpi itu menjadi mimpi buruk! Harga PS5 Pro telah terungkap secara tidak resmi dan menunjukkan bahwa Sony punya rencana menakutkan bagi para gamer.


PS5 terlalu panas

Publikasi informasi tidak resmi mengenai harga konsol ini membuat para penggemar Sony terbilang geram. Cepat atau lambat Sony akan merilis PS5 Pro dan kita pasti akan melihat kenaikan harga yang besar dibandingkan PlayStation 5.


Harga PlayStation 5 Pro; Tunggu salah satu konsol Sony termahal!

Seperti yang ditunjukkan oleh informasi yang dipublikasikan, harga PlayStation 5 Pro atau PS5 Pro akan berkisar antara 600 dan 700 euro . Artinya, jika harga euro dan dolar tidak naik dan penjual konsol tiba-tiba memutuskan untuk bersikap adil, seorang gamer Iran harus membayar antara 33 dan 40 juta toman untuk membeli PS5 Pro!


Konsol PlayStation 5 Pro

Tentu saja PlayStation 5 normal saat ini dijual dengan harga lebih dari 23 juta Toman (saat artikel ini ditulis), dan secara realistis, kemungkinan harga PlayStation 5 Pro akan lebih tinggi dari angka yang diumumkan. Konsol ini pastinya akan lebih canggih dari PS5 biasa dari segi spesifikasi teknisnya, namun harga tersebut menjadi mimpi buruk bagi konsol game yang akan memiliki umur lebih pendek dibandingkan PS5 biasa, bahkan bagi para gamer yang tidak perlu khawatir. harga dolar!

Sony baru-baru ini meluncurkan konsol game baru bernama PS5 DualSense Edge sebagai tanggapan terhadap konsol saingannya Xbox Elite. Apakah ini sama dengan yang disertakan Sony dalam kotak PS5 Pro? Jika demikian, kita akan melihat kenaikan harga model Pro.


Pengontrol Game PS5 DualSense Edge

Konsol permainan DualSense Edge

Saat ini, PS5 tersedia dengan harga $499, dan harga Dual Sense Edge adalah $199. Harga keduanya bersama-sama adalah sekitar $699. Kecuali Sony ingin menjual produk ini lebih murah, yang sepertinya tidak mungkin terjadi.

Perusahaan asal Jepang ini beberapa waktu lalu secara resmi mengumumkan bahwa mereka telah melewati krisis semikonduktor dan kini jauh lebih mudah dari sebelumnya untuk mendapatkan konsol PlayStation 5 dari pasaran. Namun, belum jelas apakah ketentuan ini akan berlaku untuk model Pro yang mungkin ada atau tidak!

Kemungkinan kekurangan ini dan tidak responsifnya produksi konsol ini terhadap kebutuhan, serta penggunaan perangkat keras yang lebih bertenaga, kemungkinan besar akan menyebabkan harga konsol PS5 Pro jauh lebih tinggi dibandingkan model standar konsol ini. Masalah ini juga penting bagi Sony; Sebab dari sisi itu, Microsoft masih memiliki konsol Xbox Series S dengan harga yang jauh lebih rendah dalam portofolio produknya, yang dianggap sebagai pilihan yang jauh lebih baik dalam hal getaran pembelian.

Tentunya kami tekankan sekali lagi bahwa apa yang disajikan dalam teks ini hanyalah spekulasi berdasarkan rumor tidak resmi. Jika Sony berniat mengungkap model Pro atau Slim dari konsol barunya, Sony akan melakukannya di acara khusus seperti State of Play. Saat ini, perusahaan asal Jepang tersebut belum berencana menggelar acara tersebut dalam waktu dekat. Oleh karena itu, perilisan konsol PS5 Pro mungkin tidak akan terjadi dalam waktu dekat!


Dari Mana Rumor Versi PS5 Pro Bermula?

Hideyaki Nishino, salah satu eksekutif Sony, mengumumkan pada akhir tahun 2022: "Pada akhir tahun fiskal 2022, sekitar 37 juta kopi konsol PlayStation 5 telah terjual, yang mana hal ini sangat penting bagi platform PlayStation. Kami berharap tren yang sama akan terus berlanjut di tahun depan (2023).


Konsol PlayStation 5 Pro

Pembicaraan ini cukup untuk memulai rumor tentang konsol game baru Sony. Namun sebagian orang berpendapat bahwa bukan yang dimaksud oleh pengelola konsol PS5 Pro, melainkan perilisan PS5 versi non-disk.


Desain yang mungkin

PlayStation 4 Pro lebih besar dari versi aslinya, sedangkan PlayStation 4 Slim diluncurkan dengan tapak yang lebih tipis dan kecil. Namun karena PlayStation 5 memiliki dimensi yang sangat besar, ada kemungkinan versi Pro akan lebih kompak. Atau Sony ingin merilis PlayStation 5 Slim? Bagaimanapun, banyak gamer yang menginginkan Sony mendesain konsol yang lebih kecil sehingga mereka dapat dengan mudah meletakkannya di meja komputer atau meja TV mereka. Melepaskan disk drive adalah salah satu opsi yang memungkinkan untuk mengurangi ukuran perangkat.


Konsol PlayStation 5 Pro

PS5 Slim kemungkinan akan dirilis dengan nama berbeda. Mungkin Sony akan menyebutnya "Discless PlayStation 5". Sama seperti apa yang dilakukan Microsoft dengan konsol Xbox Series S, konsol ini dipasarkan sebagai versi Xbox Series X tanpa disk, lebih kecil, dan lebih murah. Foto konsep dari dua konsol game baru Sony ini telah dipublikasikan di ruang virtual, menunjukkan desain barunya. Tentu saja jangan lupa bahwa gambar ini tidak resmi.


Spesifikasi teknis yang mungkin

Sangat sulit untuk berspekulasi mengenai spesifikasi teknis dari konsol game PlayStation 5 Pro. Namun jika Sony ingin mengikuti model produksi yang sama dengan PS4 Pro, konsol ini pada akhirnya akan mampu menjalankan game dengan kemampuan lebih. Misalnya, konsol ini bisa menjadi "konsol 8K pertama Sony". Meski di atas kertas versi PlayStation saat ini juga mendukung 8K; Namun tidak ada studio game Sony yang merilis judul yang mendukung resolusi ini. Meski begitu, belum ada game yang berjalan pada resolusi 4K dan 60 frame per detik; Apalagi jika Anda mengaktifkan ray tracing.


Kartu grafis AMD RDNA 3

Kami tahu ray tracing itu berat bahkan di PC, dan dengan label harga PlayStation 5 sebesar $499, mustahil untuk menghadirkannya dengan cara terbaik. Namun versi Pro dari konsol game ini akan menciptakan peluang yang sangat bagus untuk menyediakan fitur ini.

Sejak diperkenalkannya PlayStation 5 pada akhir tahun 2020, terdapat rumor mengenai versi upgrade yang disebut PlayStation 5 Pro. Rumor menyebutkan bahwa konsol yang ditingkatkan kemungkinan akan tersedia pada akhir tahun 2024.

Beberapa laporan terbaru mengungkap detail mengenai spesifikasi Sony PlayStation 5 Pro. Sebuah video baru menunjukkan bahwa PS5 Pro dapat terus menggunakan APU berbasis AMD Ryzen Zen 2. Laporan tersebut menyebutkan bahwa CPU berbasis Zen 2 akan memiliki 8 core dan 16 thread, sama seperti PS5 biasa.


Spesifikasi teknis PlayStation 5 Pro

Spesifikasi teknis PlayStation 5 Pro; Tidak ada berita tentang prosesor baru!

Masih belum jelas mengapa Sony memutuskan untuk menggunakan prosesor yang sama dengan model standar produk ini, yaitu berbasis Zen 2, dibandingkan menggunakan prosesor berbasis Zen 4. Namun informasi yang bocor menunjukkan bahwa kecepatan clock CPU akan meningkat menjadi 4 GHz, yang mungkin cukup untuk memenuhi target FPS yang diinginkan. Hal ini juga menunjukkan bahwa model Pro kali ini akan sangat fokus pada GPU.

Selain itu, PlayStation 5 Pro hadir dengan peningkatan ROP (rendering output unit), berkat 30 prosesor kelompok kerja aktif (60 unit komputasi). Model dasar PS5 memiliki 64 ROP dalam sistemnya, dan versi Pro kemungkinan akan hadir dengan 64, 96, dan 128 ROP.

Secara keseluruhan, ini berarti performa grafis yang lebih tinggi akan hadir di PS5 Pro, dan kekuatan performanya akan sekitar 2 kali lipat dari model standar. Prosesor grafis konsol ini bekerja pada frekuensi 2500 hingga 2800 MHz, yang meningkatkan kekuatan grafisnya dari 19,2 teraflops hingga 21,5 teraflops.


Spesifikasi teknis PlayStation 5 Pro

Dalam pemberitaan terbaru, belum terungkap informasi mengenai harga PlayStation 5 Pro. Terakhir, perangkat tersebut dikatakan hadir dengan memori GDDR5 sebesar 16 GB.

Spesifikasi teknis PlayStation 5 Pro yang disebutkan berdasarkan informasi yang dipublikasikan oleh saluran YouTube RedGamingTech, dan Sony mungkin akan melakukan perubahan spesifikasi di masa mendatang. Jadi, nantikan terus berita lainnya tentang PlayStation 5 Pro.


Realitas virtual dengan resolusi 8K dan sistem pendingin cair

Sony mungkin ingin lebih mementingkan game realitas virtual di konsol game versi Pro-nya. Anda mungkin tidak memerlukan game 8K di TV, tetapi hal itu tidak berlaku di VR. Karena perlunya resolusi yang lebih tinggi. Jika Sony ingin menjadi raksasa game VR, mereka harus memikirkan masalah ini di konsol barunya. Sony mungkin ingin meningkatkan arsitektur prosesor grafis dan prosesor sentral PlayStation ke arsitektur 5nm Zen 4 dan prosesor grafis RDNA-3 dari AMD. Konsol PlayStation generasi saat ini menggunakan prosesor Zen 2 dan pengolah grafis RDNA 2.


PlayStation VR 2

Menurut informasi yang ada, selain kekuatan hardware yang lebih tinggi, konsol baru Sony juga akan menggunakan sistem pendingin baru untuk memperkuat sistem ventilasi perangkat.

Saat ini, sistem pendingin PlayStation 5 berbasis kipas dan logam cair, dan belakangan ini kebocoran logam cair tersebut pada posisi vertikal konsol menimbulkan banyak masalah bagi Sony. Menurut rumor yang beredar, Sony akan menggunakan sistem pendingin cair alias watercooling di konsol PS5 Pro.

Teknologi pendingin ini sekarang digunakan di banyak komputer dan perangkat game dan akan meningkatkan pembuangan panas perangkat secara signifikan.

Jika rumor tersebut benar dan PlayStation 5 Pro benar-benar menggunakan chip yang lebih bertenaga, sistem pendingin cair dapat meredakan kekhawatiran Sony agar tidak terlalu panas dan kinerja perangkat yang optimal di segala kondisi.


Waktu peluncuran konsol Sony PlayStation 5 Pro

Pada tahun 2017, Sony merilis versi upgrade dari konsol PS4 populer yang disebut PS4 Pro. Konsol baru ini mampu menjalankan semua judul PlayStation 4, namun ditingkatkan dari segi performa teknis dan grafis. Microsoft mengikutinya dan merilis konsol yang ditingkatkan, Xbox One X, setahun kemudian. Kini, dua tahun telah berlalu sejak peluncuran konsol PlayStation 5 Sony, dan ada rumor bahwa raksasa Jepang tersebut ingin merilis konsol PlayStation 5 Pro yang ditingkatkan.


Tanggal rilis PlayStation 5 Pr

Sumber mengatakan Sony sedang mengerjakan versi baru konsol PS5 dengan drive optik eksternal, tetapi tidak ada peningkatan teknis. Namun kini situs Insider Gaming mengklaim bahwa Sony juga sudah mulai mengerjakan penelitian dan pengembangan konsol PS5 Pro. Meski belum ada informasi mengenai produk ini, namun diharapkan dapat ditingkatkan dari segi teknis dan performa grafis seperti halnya konsol PlayStation 4 Pro. Selain itu, paten yang diterbitkan baru-baru ini menunjukkan bahwa Sony sedang mencari cara untuk meningkatkan rendering ray tracing di konsol game berikutnya.

Situs web tersebut menyebutkan bahwa Sony kemungkinan akan mengungkap konsol canggih ini pada akhir tahun 2024. Ini tepat 4 tahun setelah rilis PS5 aslinya. Jika kabar ini benar, maka perangkat ini akan dipasarkan sebagai konsol generasi menengah, dan empat tahun setelahnya, kita bisa menantikan generasi barunya, PlayStation 6 .

Ketika perusahaan pesaing seperti Microsoft dan Nintendo dengan cepat meningkatkan pencapaian dan inovasi mereka serta memperkenalkan produk baru ke pasar, Sony juga tidak ingin ketinggalan dalam persaingan ini dan dengan demikian akan mempertahankan pasar di tangannya sendiri dengan konsol generasi menengah. . .


Haruskah kita menunggu PlayStation 5 Pro atau membeli versi aslinya sekarang?

Seperti yang kami katakan sebelumnya, semua yang kami dengar tentang konsol game PS5 versi Pro hanyalah spekulasi dan rumor. Jelas bahwa Sony ingin membuat bermain di konsol PlayStation lebih menyenangkan, dan itulah sebabnya Sony meluncurkan TV 8K-nya sendiri. Namun konsol saat ini belum mampu memainkan game 8K dengan kecepatan 120 frame per detik dan ray tracing. Oleh karena itu, jika ingin menawarkan fitur-fitur tersebut dan bersaing dengan game PC, mereka tidak punya pilihan selain meluncurkan konsol yang lebih canggih.

Tentu saja, semakin kuat produk ini, semakin tinggi pula harganya. Jadi jika Anda ingin menunggu, Anda tidak boleh mengharapkan sesuatu yang kurang dari $699. Tampaknya semuanya akan jelas pada akhir tahun 2023.

1 komentar
  1. It Is Unique Official
    25 Februari 2024 pukul 21.22
    Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.